Kamis, 17 Maret 2011

Langkah-langkah dalam Metode Ilmiah

Dalam membuat sebuah penulisan ilmiah diperlukan metode penelitian untuk mempermudah penulis, maka dari itu dalam metode penelitian terdapat langkah-langkah yang harus diperhatikan.

Secara umum metode ilmiah meliputi langkah-langkah berikut:

* Observasi Awal

observasi awal bertujuan untuk mengumpulkan informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan topik tersebut melalui pengalaman, berbagai sumber ilmu pengetahuan, berkonsultasi dengan ahli yang sesuai.

* Mengidentifikasi Masalah

Permasalahan merupakan pertanyaan ilmiah yang harus diselesaikan. Permasalahan dinyatakan dalam pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan dengan jawaban berupa suatu pernyataan, bukan jawaban ya atau tidak.

* Merumuskan atau Menyatakan Hipotesis

Hipotesis merupakan suatu ide atau dugaan sementara tentang penyelesaian masalah yang diajukan dalam proyek ilmiah. Hipotesis dirumuskan atau dinyatakan sebelum penelitian yang seksama atas topik proyek ilmiah dilakukan, karenanya kebenaran hipotesis ini perlu diuji lebih lanjut melalui penelitian yang seksama. Yang perlu diingat, jika menurut hasil pengujian ternyata hipotesis tidak benar bukan berarti penelitian yang dilakukan salah.

· Gunakan pengalaman atau pengamatan lalu sebagai dasar hipotesis

· Rumuskan hipotesis sebelum memulai proyek eksperimen



* Melakukan Eksperimen

Eksperimen dirancang dan dilakukan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Perhitungkan semua variabel, yaitu semua yang berpengaruh pada eksperimen.

* Menyimpulkan Hasil Eksperimen

Kesimpulan proyek merupakan ringkasan hasil proyek eksperimen dan pernyataan bagaimana hubungan antara hasil eksperimen dengan hipotesis.






http://alphaomega86.tripod.com/metode_ilmiah.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates